Wednesday, September 14, 2011

Membuat Anak Gembar Membaca


Kegemaran anak dalam membaca timbul karena kegemarannya (ketergantungannya) terhadap buku. Jadi, hal pertama yang dilakukan adalah membuat anak mencintai buku dan terbiasa menghabiskan sebagian besar waktunya dengan buku yang dia sukai. Misalnya, membeli buku-buku yang lebih banyak berisikan gambar binatang, burung, dan sebagainya. Selanjutnya, anak tersebut membentangkan buku itu dan mewarnai gambar – gambar yang terdapat di dalamnya. Selain itu orang tua hendaknya berusaha membuat anak merawat dan menjaganya.
Orang tua hendaknya menemani anak untuk membeli buku, dan biarkan anak memilih sendiri buku yang diinginkan di took buku ketika anak telah masuk usia sekolah sebaiknya dibuatkan perpustakaan kecil bagi anak, yang didalamnya terdapat buku-buku dongeng yang berisikan gambar dan berisikan majalah-majalah khusus anak-anak. Selanjutnya, bantulah anak untuk membaca dan mendiskusikan buku tersebut. Pujilah kisah yang diceritakan oleh anak yang dia nukil dari buku, agar dia semakin suka membaca.

Sebaiknya anak dibiasakan gemar untuk duduk di atas bangku (kursi) sejak kecil, khususnya setelah dia mulai masuk sekolah, karena sikap seperti itu dapat membuat anak dapat meraih prestasi dalam hal pelajaran sekolah. Juga, karena hal itu dapat membantu anak untuk dapat konsentrasi, dapat memilah waktu yang tepat untuk mengulang pelajaran, dan dapat memperhitungkan waktu dan mengaturnya.

Seorang mahasiswa pernah bertanya kepada seorang dosen di salah satu perguruan tinggi mengenai cara agar dapat mewujudkan impian untuk menjadi seorang dosen ilmu sastra di perguruan tinggi. Apakah dia harus menghafal berbagai bahasa asing dan menguasainya dengan baik? Setelah berpikir, dosen itu menjawab : “Apakah kamu mampu duduk di bangku (kursi) selama enam jam setiap hari? Jika kamu mampu melakukannya maka kamu dapat mewujudkan apa yang kamu inginkan itu.”

No comments:

Post a Comment